Rabu, 12 Mei 2010

BAB 4

BAB IV Unsur-Unsur Komunikasi

1. SUMBER
Sumber adalah dasar yang digunakan dalam penyampaian pesan dan digungakan dalam rangka memperkuat pesan itu sendiri. Sumber dapat berupa orang, lembaga,buku, dokumen dan sejenisnya.

2. KOMUNIKATOR
Dalam komunikasi setiap orang atau kelompok dapat menyampiakan pesan-pesan komunikasi itu sebagai suatu proses dimana komunikator dapat menjadi komunikan sebaliknya komunikan bisa menjadi komunikator.
Keefektifan komunikasi tidak saja ditentukan oleh kemampuan berkomunikasi tetapi juga oleh diri si computer. Fungsi komunikator adalah pengutaraan pemikiran dan perasaannya dalam bentuk pesan untuk membuat komunikan menjadi tahu atu berubah sikap,pendapat dan perilakunya.

•Etos komunikator
Keefektifan komunikasi ditentukan oleh etos komunikator. Ciri efektif atau tidaknya komunikasi ditunjukan oleh dampak kognitif,dampak efektif dan dampak behavioural yang timbul pada komunikan
Etos tidak timbul pada seseorang dengan begitu saja,tetapi ada factor tertentu yang mendukungnya. Factor-faktor tersebut adalah :
1.Kesiapan
2.Kesungguhan
3.ketulusan
4.Kepercayaan
5.ketenangan
6.keramahan
7.kesederhanaan

•Sikap komunikator
Dalam hubunganya dengan kegiatan komunikasi yang melibatkan manusia-manusia sebagai sasaranya, dalam diri komunikator terdapat 5 sikap, diantaranya :
1.Reseptif
2.Selektif
3.Dijestive
4.Asimilatif
5.Transmisif

3. PESAN
Pesan adalah keseluruhan dari apa yang disampaikan oleh komunikator. Pesan ini mempunyai inti pesan sebenarnya menjadi pengarah dalam usah mencoba mengubah sikap dan tingkah laku komunikan .
•Penyampaian pesan
Melalui lisan, face to face, langsung menggunakan media saluaran dan sebagainya.

•Bentuk Pesan
1.Informatif
Bersifat memberikan keetrangan/fakta kemudian komunikan mengambil keputusan .
2.Persuasif
Bersikap bujukan,yaitu membangkitkan pengertian dan kesadaran manusia bahwa yang kita sampiakan akan memberikan perubahan sikap,tetapi perubahannya atas kehendak sendiri.
3.Koersif
Penyampaian pesan yang bersifat memaksa dana dengan menggunakan sanksi-sanksi apabila tidak dilaksanakan .

•Syarat-syarat sebuah pesan adalah sebagai berikut :
1.Umum
2.Jelas dan gamblang
3.Bahasa yang jelas
4.Positif
5.Seimbang
6.Penyesuaian dengan keinginan komunikasi.

4. CHANNEL / SALURAN
Chanel adalah saluran penyampaian pesan, biasa juga disebut dengan media. Media komunikasi dapaat dikategoriakan dalam dua bagian yaitu media umum dan media massa. Media umum adalah media yang dapat digunakan dalam segala bentuk komunikasi. Contohnya radio dan sebagainya Sedangkan media massa adalah media yang digunakan untuk komunikasi massa. Disebut dengan demikian karena sikapnya yang missal misalnya televise dan sebagainya.

5. KOMUNIKASI
Komunikasi dapat digolongkan menjadi tiga jenis yaitu personal,kelompok dan massa.
•Komunikasi personal
Komunikasi yang ditujukan kepada sasaran yang tunggal. Bentuknya bisa tukar pikiran dan sebagainya
•Komuniakasi kelompok
Komunikasi yang ditujukan kepada kelompok tertentu. Kelompok tertentu adalah suatu kumpulan manusia yang mempunyai hubungan social yang nyata dan memperlihatkan struktur yang nyata pula.
•Komunikasi massa
Komunikasi yang ditujukan kepada masa atau komunikasi yang menggunakan media massa. Massa itu sendiri adalah kumpulan orang-orang yang hubungan antar sosialnya tidak jelas dan tidak mempunyai struktur tertentu.

6. EFEK
Efek adalah hasil akhir dari suatu komunikasi yaitu sikap dan tingkah laku orang sesuai atau tidak seseuai dengan yang kita inginkan.
Efek ini ssesungguhnya dapat dilihat dari personal opinion,public opinion,majority opinion
•Personal opinion
Pendapat Pribadi,hal ini dapat merupakan akibat atau hasil yang diperoleh dari komunikasi. Personal opinion adalah sikap dan pendapat seseorang terhadap suatu masalah tertentu.
•Public opinion
Sering diartikan sebagai pendapat umum. Pengertiannya adalah penilaian social mengenai sesuatu hal yang penting dan berarti atas dasar pertukaran pikiran yang dilakukan secara sadar dan rasional
•Majority opinion
Pendapat sebagian terbesar dari public atau masyarakat. Jika kita berbicara tentang opini atau pendapat maka kita sering mendengar opinion leader. Opinion leader adalah orang yang secara formal membimbing dan mengarahkan suatu opini tertentu kepada masyarakat. Opinion leader merupakan tempat bertanya.

7. FAKTOR YAANG DIPERHATIKAN DALAM KOMUNIKASI
•Menurut Cutlip dan Center komunikasi yang efektif dilakukan melalui 4 tahap yaitu:
A.Pengumpulan fakta
Mengumpulkan data sebelum seseorng melakukan komunikasi
B.Perencanaan
Berdasarkan fakta dan data itu dibutuhkan rencana tentang apa akan dikemukakan dan bagaimana mengemukakannya
C.Komunikasi
Setelah planning disusun maka tahap selanjutnya adalah communication atau berkomunikasi
D.Evaluasi
Penilaian dan analisa diperlukan untuk setiap kali melihat hasil komunikasi tersebut.

•Prosedur mencapai efek yang dikehendaki
Menurut Wilbur schraam prosedur komunikasi yang harus ditempuh “A-A Procedure” yaitu proses dari attention (perhatian) ke action (tindakan)
Lebih jelasnya proses tersebut dapat dilihat sebagai berikut :
1.Attention (perhatian)
2.Interest (kepentingan)
3.Desire ( keinginan)
4.Decision ( keputusan)
5.Action ( tindakan)


SUMBER : openpdf.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar